Teh Bunga Telang Si Biru Dengan Segudang Manfaat

Teh Bunga Telang

Teh bunga telang – Si bunga biru nan cantik adalah tumbuhan merambat sering ditemukan di tepi hutan serta pekarangan rumah. Sekarang ini banyak masyarakat menanamnya sebagai tanaman hias.

Dengan nama latin Clitoria Ternatea memiliki warna ungu, biru, putih, seiring perkembangan bunga telang bisa diolah menjadi teh dimana tanaman herbal ini merupakan asli Asia tropis.

Tumbuhan ini juga disebut butterfly pea yang tersebar luas di Amerika Serikat, Afrika serta Australia.

Bunga ini memiliki ciri

  • Daunnya berbentuk elips dengan panjang 2 sampai 5 cm
  • Batangnya 30 hingga 274 cm
  • Panjang bunga 2 – 7 cm

Umumnya bunga telang. akan mekas dipagi hari dengan posisi terbalik tidak mengeluarkan aroma dan rasa.

Kembang telang bukan hanya bermanfaat sebagai pewarna alami saja, dia juga sebagai obat herbal yang dapat mengatasi beberapa penyakit.

Kembang telang memiliki kandungan berupa ;

  • Flavoid
  • Saponin
  • Alkaloid
  • Ca-Oksalad
  • Sulfur

Ternyata akar pada bunga telang juga bersifat laksatif atau pencahar, peluruh kencing serta bisa merangsang muntah dan membersihkan darah.

Daunnya pun bisa mempercepat pematangan bisul sedangkan bijinya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal pencahar ringan.

Selain yang diatas masih ada beberapa khasiat dari bunga telang antara lain :

1.) Mengatasi Mata Merah

Mata merah sering dialami oleh nbeberapa orang umumnya ditandai dengan selaput putih pada mata berwarna merah, radang ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti jamur, bakteri serta virus.

Kembang telang bisa sebagai solusi dalam meredakannya, caranya mudah hanya dengan merendam beberapa kuntum bunga telang hingga airnya berwarna biru.

Pergunakan air rendamannya untuk mencuci mata.

2.) Mengatasi Bisul

Banyaknya kandungan dalam bunga telang yang berkhasiat dalam alternatif pengobatan, untik mengobati bisul mungkin ini bisa sebagai solusinya.

Cuma dengan ambil beberapa kuntum bunga telang lalu tumbuk halus dan tambahkan gula jawa secukupnya kemudian aplikasikan pada area bisul.

3.) Redakan Batuk Dan Sakit Kepala

Apabila kamu sering mengalami sakit kepala dan batuk mungkin ini bisa sebagai solusinya hanya dengan meminum teh bunga telang.

Karena tingginya kandungan didalamnya ampuh meredakannya.

4.) Meredakan Cemas

Kandungan kembang telang ada antidepresan juga, yang ampuh mengatasi kecemasan serta stres. Jadikan teh bunga telang sebagai minuman wajib tiap hari.

Rasakan sensasi ketenangan dan damai setelah meminumnya dan bisa menjadikan suasana hati selalu gembira serta mood akan terjaga dengan baik.

Demikianlah beberapa ulasan tentang Teh Bunga Telang Si Biru Dengan Segudang Manfaat.

baca juga : Daun Jati Untuk Gudeg Membuat Tampilan Warnanya Jadi Menarik

error: Content is protected !!