Sensitif Terhadap Cahaya dan Penyebab Mata Silau Tips Jitu Menangulanginya

Mata kering biasanya indentik dengan penyebab mata sensitif terhadap cahaya dan peka terhadap cahaya.

Senstif terhadap cahaya biasanya dikenal dengan istilah fotofobia dan kebanyakan orang yang memiliki mata kering akan sagat eka terhadap cahaya. Fotofobia disini bukanlah suatu gangguan psikologis atau rasa takut cahaya yang berlebihan. Melainkan sebuah gejala yang membuat anda mudah silau dan bisa sampai sakin kepala serta mual.

Sensitif Terhadap Cahaya dan Penyebab Mata Silau Tips Jitu Menangulanginya

Sensitif terhadap cahaya menurut para pakar ada kaitannya yang sangat dekat antara mata yang sangat peka terhadap cahaya dengan kondisi mata kering. Mata kering itu sendiri terjadi entah karena produksi air mata yang sedikit atau air mata yang menguap terlalu cepat.

Sensitif terhadap cahaya dan Mata kering biasanya ditandai ada sesuatu obyek yang menyangkut di mata, mata serasa berpasir dan mata mudah lelah kadang juga menyebabkan nyeri.

Mengapa Mata Kering Bikin Silau

Air mata kita terdiri dari air, protein, elektrolit, minyal berlemak dan berbagai zat untuk melawan bakteri. Campuran tersebut yang membuat mata kita bekerja dengan baik. Jadi bisa menyaring cahaya yang diterima oleh mata kita. Sedangkan bila cairan mata kurang atau tidak seimbang tentu saja kerja mata jadi terganggu mata jadi mudah lelaj dan pusing ketika melihat cahaya yang sangat terang.

Penyebab Mata Sensitif Terhadap Cahaya

  • Photophoia –> Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi atau peradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan pusing yang hebat pada mata kerena paparan sinar matahari, lampu dan tempat-tempat yang terang. Penyebab lainnya abrasi kornea, lasik, serta kurangnya pigmen pada mata seperti pada penderita albinisme. Menggunakan Sunglasess dengan kadar 100% UV Protection adalah solusi yang membantu.
  • Trauma Mata –> Disebabkan beragam mulai dari iritasi hingga cedera maya yang dapat merusak lapisan kornea. Penderita akan peka terhadap sentuhan kecil pada matanya. Jangan ditunda utuk membawanya kedokter untuk menghindari penurunan syaraf mata yang permanen.
  • Alergi –> Merupakan penyebab paling dasar mata sensitif mata akibat polusi udara, debu, hingga alergi terhadap obat-obatan. Gejalanya mata terasa gatal, memerah, bengkak, serta terasa perih dan kering. Segera obati sementara dengan tobat tetes mata dan konsultasikan ke dokter jika gejala tidak hilang dalam beberapa hari.
  • Usia –> Dimasa kita memasuki usia 40-an seseorag akan lebih sensitif sama cahaya terang hingga akan lebih sering mengerutkan matanya. Gunakan sunglasses atau lensa jenis transitions yang otomatis dapat berubah warna dari terang ke gelap sesuai kondisi cahaya.
  • Konjuntivitas –> Infeksi mata dapat disebabkan oleh bakteri dan virus ini sangat mudah dalam penularannya, Biasanya mulai dari mata merah, berlendir, nyeri saat berkedip dan kepekaan terhadap cahaya. Bersihkan mata pakai air hangat, serta hindari mengucek mata, obati dengan salep antibiotik sesuai petunjuk dokter.

Sensitif Terhadap Cahaya dan Penyebab Mata Silau Tips Jitu Menangulanginya

Tips Menangulangi Mata Sensitif Terhadap Cahaya :

  • Melindungi Mata –> Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata sensitif dari ultraviolet. Kalau tidak, akan beresiko terkena sunburs saat berada di luar untuk waktu yang lama. Apalagi di musim panas, lindungi juga matamu dari hembusan angin kencang dari masuknya debu-debu ke mata.
  • Jaga Kebersihan Mata –> Jaga selalu kenbersihan mata jangan menyentuh mata bila tangan dalam keadaan kotor. Secara rutin cuci tangan, jika kamu merasa matamu sensitif siapkan handuk khusus untuk mengelap wajahmu setiap kamu habis cuci wajah hindari memakai handuk yang dipakai untuk keringkan seluruh badan.
  • Cuci Muka dan Peralatan Make Up secara Rutin –> Punya mata sensitif tidak bukan berarti tidak memakai make up cukup ikuti serangkaian langkah sederhana. Pastikan untuk membersihkannya seelum tidur dan mencuci semua lat yang digunakan secara teratur. Pakai kosmetik hypoallergenic berkualitas dan jangan pinjamkan kepada orang lain.
  • Batasi Penggunaan Gadget –> Bijaklah dalam gunakan smartphone dan PC serta laptop secara konstan dampak buruk mata, karena fokus pada layar dalam jangka waktu yang lama. Baik kondisi mata kamu sensitif atau tidak perlu dibatasi penggunaan perangkat digital. setidaknya gunakan kacamata khusus anti radiasi dan sering istirahatkan mata setiap satu jam sekali.
  • Kompres Mata –> Jika mata memerah langkah awal kompres mata dengan air hangat atau kompres dingin. Basahi handuk dengan suhu yang nyaman dengan mata terpejam kompres selama 15 menit.
  • Hindari Mata Terlalu Lelah –> Biasakan membaca di tempat terang, jika kondisi redup akan merugikan mata dan membuat mudah lelah serta dapat membuat keteganggan otot mata dan meningkatpan kepekaan dan membuatnya gatal. Usahakan juga tidak membaca di dalam kendaraan yang bergerak karena akan sebabkan otot mata menjadi tegang.
  • Kacamata Lebih Baik Dari Softlens –> Jika memiliki mata sensitif lebih baik hindari gunakan softlens, lebih baik gunakan kacamata. Karena kacamata tidak bersentuhan langsung dan tidak beresiko iritasi yang bisa diakibatkan oleh kebersihan softlens yang kurang terjaga.
  • Kecukupan Konsumsi Sayuran dan Buah –> Untuk menjaga kondisi mata selalu sehat harus diimbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan bila perlu ditambah dengan suplemen vitamin.

Demikianlah artike tentang Sensitif Terhadap Cahaya dan Penyebab Mata Silau Tips Jitu Menangulanginya, semoga bermanfaat.

Sensitif Terhadap Cahaya dan Penyebab Mata Silau Tips Jitu Menangulanginya

 

 

 

 

 

baca juga : Prosedur medis atau operasi lasik untuk penyembuhan mata minus

One thought on “Sensitif Terhadap Cahaya dan Penyebab Mata Silau Tips Jitu Menangulanginya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!