Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya Secara Ampuh

Apa yang ada di benak kalian mendengar kata tulang keropos? Dan tebakannya sudah pasti bisa terjadi pada mereka yang berusia lansia. Apa penyebab tulang keropos ?

Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya Secara Ampuh

Ternyata tulang keropos bisa d alami oleh siapa saja baik masih muda maupun sudah usia lanjut.

Sebutan dengan tulang keropos dikenal denga osteoporosis yaitu kondisi di mana tubuh kehilangan banyak jaringan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos.

Di saat tulang diletakkan di bawah mikroskop, tulang terlihat tak jauh berbeda dengan sarang lebah, namun dengan ukuran lubang dan jarak yang lebih kecil.

Jika sudah pada kondisi yang lebih serius, tulang tersebut bahkan mungkin saja menjadi sangat rapuh dan mudah patah bahkan hanya karena benturan ringan.

baca : Manfaat Daun Talas Hitam Solusi Pengobatan Alternatif

Penyebab Tulang Keropos ?

1.) Kurang Kalsium

Kandungan kalsium dalam darah sangat dibutuhkan oleh beberapa organ seperti jantung, otot dan syaraf.

Posisi dari tulang adalah seperti wadah yang digunakan dalam menyimpan kalsium serta fosfor.

Apabila saat organ-organ tersebut membutuhkan kalsium, maka organ tersebut akan mengambilnya dari tulang.

Karena sangat dibutuhkan, dengan kata lain, kadar kalsium yang rendah dalam tubuh dan organ yang akan tetap mengambil kalsium dari tulang, tentu akan menyebabkan tulang menipis hingga memudahkannya patah.

Yang dibutuhkan bukan kalsium saja, keberadaan kandungan fosfor dan vitamin D yang cukup dalam tubuh juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang.

2.) Merokok

Dari beberapa penelitian oleh para ahli berhasil mengungkapkan bahwa keracunan nikotin pada sel tulang bisa sebagai penyebab tulang keropos tubuh sehingga jadi mengalami kesulitan dalam menggunakan,

  • estrogen,
  • kalsium, dan
  • vit D sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang

3.) Hormon

Dari beberapa hormon yang berperan penting untuk meningkatkan massa tulang, diantaranya hormon kalsitonin, paratiroid, dan hormon pertumbuhan.

Karena hormon tersebut bertugas dalam penggunaan kalsium oleh tulang serta menentukan kapan waktunya membentuk dan menghancurkan tulang.

Pastinya akan terganggunya kadar hormon-hormon tersebut dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab tulang keropos.

4.) Gaya Hidup

Penyebab tulang keropos dari beberapa kebiasaan buruk bisa tingkatkan risiko osteoporosis termasuk:

  1. Terlalu lama duduk –> Orang yang menghabiskan banyak waktu duduk memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi daripada mereka yang lebih aktif. Dari setiap latihan beban berat dan aktivitas yang meningkatkan keseimbangan dan postur yang baik bermanfaat bagi tulang Anda, tetapi berjalan, berlari, melompat, menari, dan angkat beban tampaknya sangat membantu.
  2. Konsumsi alkohol berlebihan –> Penyebab tulang keropos sering konsumsi minuman beralkohol sehari meningkatkan risiko osteoporosis.
  3. Penyebab tulang keropos juga penggunaan tembakau –> Dalam tembakau yang sebenarnya berperan dalam osteoporosis tidak dipahami dengan jelas, tetapi telah ditunjukkan bahwa penggunaan tembakau berkontribusi pada tulang yang lemah.

Pencegahan Tulang Keropos Secara Ampuh

1.) Hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti

  • lemak non yoghurt,
  • keju,
  • susu,
  • sarden,
  • ikan tuna, dan
  • ikan salmon. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin K untuk mencegah kalsium dalam tulang tidak berkurang, dan makan kedelai untuk mempertahankan kepadatan tulang.

Perbanyak konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin K untuk mencegah kalsium dalam tulang tidak berkurang, dan makan kedelai untuk mempertahankan kepadatan tulang.

2.) Penuhi kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan setiap hari, sebab kalsium penting untuk membangun kekuatan tulang.

Konsumsi makanan kaya kalsium adalah cara terbaik untuk mendapatkan kalsium, atau Anda bisa mengonsumsi suplemen kalsium.

Dianjurkan juga tambah Vitamin D ini penting untuk melindungi tulang, dan tubuh Anda juga membutuhkannya untuk menyerap kalsium.

Untuk mendapatkan vitamin D dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D atau mengonsumsi suplemen.

3.) Melakukan olahraga teratur juga sebagai pencegahan osteoporosis. Dengan berolahraga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan stamina, kekuatan, postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan membantu mencegah keroposnya tulang.

4.) Dengan pencegahan osteoporosis berikutnya adalah jangan mengonsumsi alkohol, karena alkohol dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tulang.

Penyebab tulang keropos janganlah merokok karena dapat meningkatkan fraktur tulang di usia tua.

Tetap berkonsultasilah dengan dokter tentang kemungkinan Anda terkena osteoporosis, dan tanyakan kapan menjalani tes kepadatan tulang. khusus untuk point di bawah ini :

  1. Wanita berusia 65 tahun ke atas
  2. Wanita pascamenopause lebih muda dari 65 tahun dengan faktor risiko
  3. Pria 70 tahun atau lebih
  4. Pria lebih muda dari 70 tahun dengan faktor risiko
  5. Orang dewasa dengan fraktur kerapuhan
  6. Orang dewasa dengan suatu kondisi, penyakit atau obat-obatan yang berhubungan dengan kepadatan tulang atau tulang yang rendah

Yuks, mulai sekarang jaga kesehatan tulang kita, semoga artikel Penyebab Tulang Keropos Dan Pencegahannya Secara Ampuh, bermanfaat.

Shares
error: Content is protected !!