Ini Dia Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Kuning Di Rice Cooker

Penyebab Nasi Cepat Basi – Seringkali nasi di dalam rice cooker cepat sekali mengering dan berubah warna menjadi kekuningan hanya dalam hitungan jam sesudah matang.

Ini Dia Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Kuning Di Rice Cooker

Berdasarkan ibu Maria Veronica Simanjuntak, sagai ebMarketing Manager Philips Personal Health, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan nasi cepat basi.

Saat lapar melanda hal yang sangat mengesalkan dan saat membuka magic com.

Ternyata nasi yang sudah masak didalam magic com berbau atau berubah warna atau berubah rasa menjadi tidak bisa dimakan.

Coba bayangkan padahal nasi masih baru atau belum terlalu lama dimasak.

Bila inginkan solusinya untuk hal tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa kemungkinan Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Kuning.

1.) Suplai Listrik di Rumah

Untuk beberapa perangkat alat pemasak nasi  atau magic com, tertera tegangan normal pada stop kontak adalah 220V.

Dan pada kondisi beban puncak listrik yang biasanya terjadi malam hari atau saat terjadi gangguan suplai listrik, tegangan dapat turun hingga 180 V, bahkan lebih rendah.

Sebab dalam heater magic com di desain untuk bekerja optimum pada 220 V, heater gak mampu menghasilkan cukup panas jika hanya diberi asupan 180 V atau kurang.

Bisa menyebabkan temperatur nasi yang sedang dihangatkan pun tidak mencapai rentang optimum 75-80°C hingga nasi cenderung basah, bahkan basi.

Sedangkan kebalikannya bila tegangan hanya berkurang sedikit dari 220 V (misalnya, 200 V), heater mampu mencapai rentang optimum 75-80°C.

Apabila pada tegangan 220 V heater magic com hanya sebentar dalam posisi ON, pada tegangan 200 V, heater harus menyala lebih lama untuk mencapai temperatur maksimum.

Dengan demikian menyala lebih lama, nasi yang terdapat di bagian pinggir yang bersentuhan langsung dengan jar cenderung lebih kering dan menguning bisa sebagai penyebab nasi cepat basi.

2.) Faktor Produk

Lihat bagian lapisan yang digunakan alat penanak nasi Anda, tips ini juga berguna untuk Anda yang ingin membeli magic com atau magic jar baru.

Ini akan memengaruhi daya simpan nasi, jika berlapis logam antilengket (teflon) berpori relatif besar sehingga dapat menyerap bau.

Walaupun nasi sebenarnya tidak basi, bau nasi basi akibat tercemar bau yang terlanjur menempel tetap ada.

Bila berbahan stainless steel merupakan pilihan yang baik dalam perambatan panas stainless steel pun berbeda dengan jar aluminium berlapis teflon.

Sehingga nasi lebih mudah lengket ke jar stainless steel hingga relatif lebih sukar dibersihkan ketimbang jar berteflon.

Sehingga akan terhindar dari penyebab nasi cepat basi.

3.) Tutup Kurang Rapat

Apabila kita ingi memasak, sebelum menyalahkan rice cooker yang digunakan bermasalah atau tidak, alangkah baiknya periksa kembali pada bagian penutup rice cooker.

Cek apa sudah rapat penutupnya setelah kamu mengambil nasi., sebab, udara dalam rice cooker sangat membantu agar nasi tetap hangat.

Bila lupa menutupnya dengan rapat maka rice cooker akan kesulitan mempertahankan suhu dan membuat nasi cepat berair dan basi.

Satu lagi pastikan juga pada pinggiran rice cooker tidak ada sisa-sisa nasi yang mengganjal. Yang bisa sebagai penyebab nasi cepat basi tersebut.

4.) Jenis Beras

Tidak dipungkiri lagi jika jenis beras yang dipakai ternyata bisa menjadi penentu apakah nasi yang kamu masak bisa penyebab nasi cepat basi atau tidak.

Tips Memilih Beras

  • Pilih beras yang berkualitas bagus dan jangan lupa cuci beras sebelum dimasak.
    Pastikan beras dibilas berulang-ulang hingga airnya menjadi bening. Kalau airnya masih keruh tandanya beras masih kotor. Nasi yang dimasak dengan air kurang bersih akan mengakibatkan kualitasnya menurun sehingga bakteri mudah menyatu. Ini lah yang bisa membuat nasi kamu akan memiliki aroma yang tidak sedap dan menyebabkan nasi cepat basi.
  • Jangan memasukan air terlalu banyak dan gunakan gelas takar saat masak nasi dengan rice cooker.
    Biasakan gunakan gelas takar yang tersedia. Gelas takar ini sudah dibuat sesuai prosedur yang pas dalam penanakan nasi dan pastinya menghindari nasi terlalu lembek atau keras, karena nasi yang lembek terbukti cepat basi.
  • Sahabat Mapan juga bisa loh menambahkan jeruk nipis atau jeruk lemon yang terbukti mengandung kadar asam yang alami.
    Kadar asam pada jeruk nipis atau jeruk lemon inilah yang mampu melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker yang secara otomatis membuat nasi jadi awet tanpa mengubah rasa nasi tersebut.
    Pilihan lainnya, Sahabat Mapan juga bisa gunakan daun pandan atau daun salam untuk menjaga nasi tidak cepat benyek atau basi dan juga menambahkan aroma pada nasi.
  • Masaklah nasi secukupnya dan jangan terlalu lama memanaskan nasi di rice cooker.

Demikianlha ulasan dari Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Kuning Di Rice Cooker, semoga bermanfaat.

baca : Nih Dia 5 Jenis Sayuran Untuk Detox Tubuh Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!