Bahayanya Jika Terlalu Banyak Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Minuman Bersoda Bagi Tubuh – Mungkin anda salah satu dari pengemar minuman bersoda ? Mulai sekarang sebaiknya Anda pertimbangkan lagi.

Bahayanya Jika Terlalu Banyak Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Dalam memilih minuman kegemaran Anda tersebut, karena minuman air soda memberikan cukup banyak risiko pada tubuh, apalagi jika Anda seorang wanita.

Dengan meminum minuman air soda ternyata memiliki cukup banyak efek negatif untuk kesehatan tubuh.

Dampak kerugian ini akan muncul jika kita mengonsumsi minuman bersoda pada waktu dan jumlah yang tidak tepat.

Apa bahaya konsumsi minuman bersoda?

Perlu di garis bawahi bahwa kandungan minuman bersoda umumnya mengandung pengawet, pewarna dan pemanis.

Kandungan Berbahaya Banyak Minuman Bersoda Bagi Tubuh

  • Aspartame: Bahan utama pada soda ini dapat meningkatkan rasa lapar, jadi meski yang Anda minum itu bebas kalori, Anda dapat berakhir dengan makan lebih banyak.
  • Pewarna karamel: pewarna coklat yang mengandung 2-methylimidazole and 4-methylimidazole akan berdampak pada paru-paru, hati, dan kanker tiroid.
  • Sodium: Diet soda sangat berkaitan dengan risiko stroke, dan peneliti beranggapan bahwa kadar sodium tinggilah yang menjadi penyebabnya. Jika kebanyakan sodium dalam tubuh bisa sebabkan hipertensi.
  • Zat Phosphoric Acid dan Kafeinpeneliti berspekulasi bahwa Phosphoric acid dan kafein yang terkandung dalam soda juga menyebabkan osteoporosis. Karena ini merupakan masalah bagi wanita. Setelah menemukan kenyataan bahwa seorang wanita yang diketahui mengonsumsi 3 soda dalam seminggu, rata-rata 4% memiliki tulang yang keropos pada bagian yang penting di pinggang dibanding para wanita yang meminum minuman lain.
  • Zat Perasa buatan: Gula bukanlah satu-satunya bahan pada soda yang dapat merusak gigi Anda. Kandungan asam pada soda sangatlah tinggi (dengan pH 3.2) demikian juga dengan perasa makanan buatan (seperti jahe, cheri, dan lemon-lime) yang telah terbukti juga berkontribusi dalam proses erosi enamel gigi. sehingga gigi Anda jadi mudah kuning dan bolong.
  • Bisphenol A (BPA): BPA adalah disruptor endokrin yang berhubungan dengan apapun tentang penyakit jantung, gangguan reproduksi, kegemukan, dan gangguan sistem imun tubuh. Baik kemasan kaleng dan botol plastik yang dijadikan wadah minuman bersoda dapat mengontaminasi minuman Anda dengan BPA.

Bahayanya Jika Terlalu Banyak Minuman Bersoda Bagi Tubuh

1.) Bikin Gemuk

Dalam kandungan gula di minuman bersoda mengandung 4 kali lipat gula buatan, kandungan gula ini sangat banyak yang bisa memicu kegemukan dan perut buncit di kemudian hari.

2.) Sebabkan Gagal Ginjal

Tambahan dalam minuman bersoda biasanya ditambah pewarna, pewarna inilah yang bisa memicu kerusakan ginjal jika anda terus-terusan meminum minuman bersoda.

3.) Picu Sakit Jantung dan Stroke

Jumlah kalori di minuman bersoda sangat tinggi yang bisa memicu penumpukan lemak, kolesterol ternyata bisa memicu penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke.

4.) Bikin Rusak Otak

Biasanya orang yang minum soda setidaknya sekali dalam sehari berisiko dua kali menderita kerusakan otak lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.

5.) Picu Diabetes

Kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman soda juga dapat berpotensi tinggi merusak sistem hati anda, hal ini juga bisa memicu hati gagal dalam memproduksi hormon insulin yang berguna mengolah glukosa.

Apabila insulin berkurang atau tidak bekerja dengan baik maka anda bisa terkena masalah diabetes

Demikianlah ulasan Bahayanya Jika Terlalu Banyak Minuman Bersoda Bagi Tubuh, semoga bermanfaat.

baca : Yuks Cari Tahu Manfaat Rebusan Air Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!