Mengatasi Bersin Tiap Pagi Karena Alergi Debu Dan Udara Dingin

Mengatasi Bersin Tiap Pagi – Dengan kondisi suhu udara yang lebih dingin, terbilang wajar jika bersin-bersin di pagi hari. Tetapi! jika kita sampai bersin-bersin secara berturut-turut, bisa jadi ada yang salah dengan kondisi kesehatan atau lingkungan tempat kita tinggal.

Mengatasi Bersin Tiap Pagi Karena Alergi Debu Dan Udara Dingin

Nih untuk kalian yang sering mengalami bersin berturut-turut di pagi hari, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter THT.

Untuk mengetahui apa penyebab dari hal ini dengan tepat sehingga kita bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Kondisi ini biasanya, dokter akan melakukan tes pada hidung, telinga, tenggorokan, darah, hingga tes alergi.

Bila sudah di temukan memang penyebabnya ternyata adalah debu atau kotoran yang ada pada rumah kita.

Mengatasi Bersin Tiap Pagi segeralah bersihkan rumah, termasuk dengan mengganti sprei atau sarung bantal agar kita tidak sampai mengalami reaksi alergi sehingga kerap bersin berturut-turut di pagi hari.

Bukan itu saja, jangan lupa selalu rajin membersihkan AC dan kipas angin karena seringkali peralatan elektronik ini kotor dan berdebu sehingga memicu datangnya alergi.

Penyebab Bersin Dari Segi Medis

1.) SINUSITIS

Penyakit sinusitis adalah infeksi atau peradangan terjadi pada rongga sinus yang dapat menyebabkan rasa sakit pada tulang wajah sampai hidung, bersin berturut-turut, pilek yang disertai dengan ingus, hingga sakit kepala.

2.) RHINITIS

Istilah rhinitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga hidung yang di sebabkan oleh reaksi alergi layaknya cuaca dingin, debu, bulu peliharaan, atau bahkan polusi udara.

Penyebab masalah rhinitis ini adalah hidung yang berair atau tersumbat, bersin terus menerus, mata yang terasa gatal dan berair, di sertai batuk-batuk.

3.) POLIP HIDUNG

Apabila ada polip dan membesar, maka hidung akan tersumbat dan berair, kesulitan bernafas, kerap bersin-bersin, dan mengalami gangguan pada penciuman.

Segeralah periksa kondisi kesehatan ke dokter THT untuk mengetahui apa penyebab untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Bagaimana Cara Mengatasi Bersin Tiap Pagi Karena Alergi Debu Dan Udara Dingin

1.) Cari Penyebabnya

Ada beberapa faktor menjadi penyebab bersin, pemicu ini mungkin mudah di kenali dan di hindari.

Seperti alergi debu, rempah-rempat berbau tajam (lada, merica, bubuk cabai), makanan pedas, serbuk sari, parfum menyengat, cuaca dingin, atau butiran tepung terigu.

Kondisi bersin juga dapat di sebabkan oleh reaksi alergi terhadap sesuatu, jadi cari tahu apa yang menyebabkan Anda bersin terus-terusan.

Mungkin Mengatasi Bersin Tiap Pagi ini dapat membantu Anda untuk menghindarinya agar tidak bersin-bersin.

Bila di karenakan oleh alergi, minum obat antialergi, sebab Obat-obatan yang mungkin bisa di gunakan termasuk antihistamin atau semprot hidung.

Dari beberapa orang yang mengalami reaksi lebih parah mungkin memerlukan obat resep atau suntikan alergi untuk mencegah atau mengurangi efeknya.

2.) Hindari Banyak Makan

Ada juga beberapa orang bersin setelah makan banyak, sebenarnya penyebab di balik kondisi ini belum diketahui pasti.

Yang utama untuk Mengatasi Bersin Tiap Pagi, segera kurangi porsi makan Anda dan mengunyahlah lebih pelan.

3.) Lindungi Dari Polusi Udara

Dari sebagian orang lebih sering beraktivitas di luar ruangan rentan bersin-bersin karena hidung terus terpapar debu polusi.

Dengan berjalannya waktu, paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko hidung, kanker tenggorokan, dan kaker paru, serta masalah pernapasan kronis lainnya.

Mengatasi Bersin Tiap Pagi dan mencegahnya ketika berada di luar ruangan atau di ruangan berdebu, selalu pakai alat pelindung seperti masker hidung (masker bedah).

Demikianlah artikel Mengatasi Bersin Tiap Pagi Karena Alergi Debu Dan Udara Dingin, semoga bermanfaat.

baca : Tips Cantik Dan Awet Muda Dengan Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!