Manfaat Nangka Matang Untuk Kesehatan Manusia

Mendengar nama buah nangka yang ada dibenak saya adalah es teler atau cendol. Ternyata dibalik itu semua terdapat manfaat nangka matang untuk kesehatan.

Manfaat Nangka Matang Untuk Kesehatan Manusia

Buah nangka merupakan jenis buah yang memiliki kulit yang berduri juga memiliki aroma buah yang sangat wangi.

Untuk buah yang satu ini banyak digemari karena memiliki rasa yang cukup manis.

Rupanya manfaat nangka matang selain manis rasanya juga mampu mencegah beberapa penyakit berbahaya.

Karena didalam nangka terdapat beberapa kandungan nutrisi

  • thiamin
  • riboflavin
  • kalium
  • kalsium
  • zat besi
  • niasin, serta 
  • vitamin A dan C
  • serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.

Manfaat Nangka Matang Untuk Kesehatan Manusia Antara Lain ;

1.) Tingkatkan Kepadatan Tulang

Dengan adanya manfaat nangka matang dalam menjaga kepadatan tulang. Dimana tulang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak muncul masalah seperti tulang keropos.

Sehingga pada dasarnya, banyak orang menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Untuk mendapatkan kalsium bukan hanya dari susu saja, bisa juga dengan konsumsi buah nangka yang juga mengandung kalsium yang jumlahnya lebih banyak serta mengandung vitamin C yang membantu menyerap lebih banyak kalsium.

Sehingga kondisi tulang kamu akan menjadi lebih padat dan terhindar dari masalah tulang keropos.

Manfaat nangka matang yan tinggi dengan kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang.

Dalam memgurangi gejala penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis, kamu mengonsumsi nangka setiap hari akan membantunya.

Rupanya dalam buah nangka terdapat kandungan potasium yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat

Serta buah nangka memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang.

Sehinga kandungan magnesium berfungsi dalam penyerapan kalsium dan inilah yang membuat tulang tidak mudah keropos.

2.) Cegah Anemia

Apabila kondisi dimana tubuh kekurangan darah merah atau anemia, maka kamu akan merasa lemas dan letih yang membuat kamu enggan untuk melakukan banyak aktivitas.

Untuk solusinya semua ini kamu bisa dapatkan di manfaat nangka matang dalam mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

3.) Bagus Untuk Ibu Hamil

Dikalangan masyarakat sering beranggapan bahwa buah nangka sebaiknya dihindari ibu hamil karena bisa membuat keguguran.

Akan tetapi anggapan ini hanya mitos belaka dan belum ditemukan bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan tersebut.

Karena dalam buah nangka terdapat kandungan kaya akan vitamin B3 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengendalikan tingkat stres pada ibu hamil.

4.) Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat nangka matang yang tinggi akan kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung.

Adanya kalium dan vitamin B6 di dalam buah nangka akan membantu kamu mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Dengan adanya kandungan resveratrol didalam buah nangka, sebagai efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti

  • aterosklerosis
  • iskemia dan
  • hipertensi

5.) Menjaga Kesehatan Mata

Dari khasiat selanjutnya buah nangka mampu menjaga kesehatan mata. 

Sebab buah nangka mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan mata seperti beta-karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin.

Karenanya beta-karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sendiri sangat penting dalam penglihatan mata supaya fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Dalam buah nangka terdapat juga kandungan lutein dan zeaxanthin merupakan satu-satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah tinggi di retina di mana mereka menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata.

Yang pada akhirnya, manfaat nangka matang bisa kamu peroleh adalah dapat mengurangi risiko glaukoma, degenerasi makula serta katarak.

6.) Meningkatkan sistem imunitas

Tingginya kandungan vitamin C serta antioksidan, manfaat nangka matang yang bisa didapatkan tubuh adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Dimana dengan perpaduan antara vitamin C dan antioksidan memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

7.) Membantu mengontrol diabetes

Adanya beberapa kandungan vitamin dan mineral, manfaat nangka matang yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko komplikasi diabetes.

Dari beberapa hasil studi mengungkapkan, pasien diabetes yang diberi ekstrak diabetes telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak.

baca juga : Bikin Melongo Harga Nangka Mencapai Angka Jutaan

8.) Cegah Kanker

Kandungan buah nangka memiliki zat yang disebut phytochemical, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Berdasarkan American Institute for Cancer Research, banyak phytochemical memiliki sifat antioksidan, yang berarti mereka dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Sedangkan radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel.

Apabila kerusakan ini, yang dikenal sebagai stres oksidatif, dapat berperan dalam pengembangan beberapa penyakit kronis, termasuk kanker.

Disini manfaat nangka matang yang kaya akan sifat anti-oksidan dan fitonutrien, ditambah kandungan Vitamin C-nya, nangka dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti

  • kanker paru-paru,
  • kanker payudara,
  • dan kanker lambung
  • kanker kulit
  • serta kanker prostat

9.) Sembuhkan Luka

Manfaat nangka matang dengan berlimpahnya vitamin C yang baik, dan merupakan antioksidan kuat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Bukan itu saja karena tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan.

Senyawa kolagen juga penting untuk penyembuhan luka, buah nangka mengandung zat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur yang juga dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka.

10.) Kesehatan Pencernaan

Buah nangka, yang terutama bijinya, merupakan sumber serat larut dan tidak larut.

Sebab serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah, yang dapat membantu mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan.

Dari studi menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar.

Dari The Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan agar wanita mengkonsumsi 25 gram (g) dan pria 38 g serat per hari.

Karena kandungan biji nangka juga terdapat prebiotik, yang dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat Nangka Matang Untuk Kesehatan Manusiayang wajib kalian ketahui. Semoga bermanfaat !

Shares
error: Content is protected !!