Manfaat Keju Mozarella Dan Bagaimana Cara Bikinnya

Kebanyakan orang tidak tahu akan manfaat keju mozarella, dengan lelehan kejunya bikin nafsu makan meningkat dan bikin orang craving.

Manfaat Keju Mozarella Dan Bagaimana Cara Bikinnya

Tetapi tahukah kamu manfaatnya di balik itu?

Banyak juga yang suka makan keju mozzarella, baik itu jadi topping roti, pizza, ayam goreng, mi goreng, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Dengan memiliki teksturnya keju ini sangat lembut dan nikmat dimakan.

Sekarang ini salah satu produk susu ini belakangan sedang tren dan diolah menjadi makanan unik.

Apakah kamu tahu sederet manfaat keju mozarella jika kamu mengonsumsinya yang meleleh di mulut saat dimakan.

Manfaat Keju Mozarella Dengan Nutrisi Didalamnya Berupa ;

1.) Protein

Didalam keju terdapat protein yang cukup tinggi, bahkan bila kamu mengonsumsi keju sebanyak 100 gram maka akan mampu mencukupi 25% dari kebutuhan protein tubuh.

Bukan itu saja keju juga mengandung asam amino yang lengkap, sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

2.) Mineral

Kandungan mineral yang terdapat dalam keju antara lain kalsium, fosfor dan seng.

Dimana dalam kandungan kalsium pada setiap keju tidaklah sama.

Karena itu tergantung pada proses penggumpalan pada keju.

Sedangkan untuk keju yang digumpalkan menggunakan enzim akan memiliki kandungan kalsium lebih besar dua kali lipat daripada keju yang digumpalkan menggunakan asam.

3.) Vitamin

Manfaat keju mozarella yang didalam juga mengandung beberapa vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6 dan Vitamin B12.

4.) Laktosa

Kandungan laktosa didalamnya hanya sebesar 4,5% sampai 7,5%

Manfaat Keju Mozarella

1.) Perkuat Tulang

Untuk sebagian besar varian keju mengandung sejumlah besar kalsium yang dibutuhkan untuk membuat tulang kuat.

Dengan mengkonsumsi dan ambil manfaat keju mozarella bisa membuat gigi dan tulang kuat, serta otot tetap kuat.

Bila kamu suka makan keju akan terhindar dari lemahnya otot jantung dan kanker usus besar.

2.) Kesehatan Mata

Adanya kandungan vitamin A dalam keju itu sangat baik bagi kesehatan mata anda.

Selain itu manfaat keju mozarella dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan perlindungan dari infeksi.

3.) Stabilkan Gula Darah

Manfaat keju mozzarella merupakan sumber makanan baik yang mengandung biotin.

Serta memiliki nutrisi vitamin B yang serat larut, untuk Wanita hamil bisa makan keju ini dalam mengatasi kemungkinan kekurangan biotin.

Juga didalam kandungan vitaminnya juga menghentikan kuku agar tidak menjadi rapuh.

Hasil penelitian studi yang telah menunjukkan, biotin juga bisa menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes.

4.) Cegah Migrain

Dengan mengkonsumsinya maka manfaat keju mozzarella dapat mencegah serangan migrain, karena kaya akan vitamin B2 atau riboflavin.

Khusus kamu kaum hawa yang doyan makan keju ini juga dapat mencegah anemia.

Manfaat keju mozarella ini juga telah terbukti memiliki sifat antioksidan untuk mencegah penyakit infeksi.

5.) Bikin Tidur Nyenyak

Apabila menambah menu harian dengan mengonsumsi keju yang cukup akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, karena keju mengandung triptofan.

Senyawa triptofan terbukti mampu mengurangi stres dan stabilisasi syaraf otak dan membantu berhenti mengkhawatirkan hal-hal aneh.

Dengan demikian manfaat keju mozarella dengan mmengkonsumsinya sebelum tidur maka akan membuat lebih mudah tertidur dan menghilangkan pikiran-pikiran aneh penyebab susah tidur.

6.) Cegah Kolesterol

Manfaat keju mozarella dapat mengubah lemak menjadi energi karena terdapat kandungan vitamin B3 atau niacin, sesuai dalam tubuh manusia.

Ternyata zat niacin membantu mengendalikan kolesterol, mencegah timbulnya penyakit seperti diabetes dan arthritis.

7.) Menjaga Fungsi Syaraf

Adanya kandungan Vitamin B2 yang dalam manfaat keju mozarella yang mempunyai peranan penting dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein.

Sehingga dengan mengkonsumsi keju dapat membantu menjaga kesehatan dengan cara memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu keju juga mengandung vitamin B6 yang membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta menjaga kesehatan kulit dan sistem syaraf.

Didalam manfaat keju mozarella terdapat senyawa B12 (kobalamin) yaitu sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem syaraf, serta dalam pembentukan darah.

Kandungan Vitamin B12 mampu membantu pematangan sel-sel darah merah, membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf.

baca juga : Bahaya vape bagi wanita bila sudah kecanduan

Manfaat Keju Mozarella Dan Bagaimana Cara Bikinnya

  • 10 liter susu segar
  • ¼ tablet Rennet, dilarutkan dg air
  • ¼ cangkir (50 ml)
  • 20 ml atau 20 gram Citric Acid (Asam Sitrat) , diencerkan dg air ½ cangkir (100 ml)
  • 2 sdm (30 ml) garam termometer

Untuk Alatnya :

  • panci 2 buah (dengan ukuran berbeda yang memungkinkan panci yang lebih kecil bisa masuk ke panci yang besar
  • kompor
  • baskom
  • sutil kayu
  • saringan santan (berbahan aluminium atau enamel).

Caranya :

  • Untuk proses pasteurisasikan susu dengan cara merebusnya hingga suhu 60 derajat Celcius dan dipertahankan selama 3 menit.
  • Setelah itu, biarkan susu menjadi dingin (sekitar 35-40 Celcius).
  • Setelah dingin, campurkan asam sitrat yang telah diencerkan dengan air ke dalam susu. Aduk hingga rata.
  • Tutup panci susu dan diamkan selama 5 menit, ini namanya proses pengasaman (asidifikasi). Kemudian susu yang asam ini akan memudahkannya untuk menggumpal menjadi curd (di proses berikutnya) dan membuat mozarella meleleh dan mulur sewaktu dipanggang saat sudah jadi.
  • Setelah susu menjadi asam (bisa dicicipi), campurkan 1/4 tablet rennet yang sudah diencerkan dengan air dingin. Kemudian aduk hingga rata sebentar.
  • Diamkan susu selama 1 jam, Cairan susu akan terbagi menjadi 2 bagian: gumpalan seperti tahu (curd) dan air bening kekuningan (whey), dimana proses penggumpalan ini lazim disebut ‘koagulasi’.
  • Setelah menggumpal dengan kekenyalan seperti tahu Jepang, curd dipotong-potong bentuk dadu. Apabila gumpalan masih terlalu lembek seperti bubur, jangan keburu dipotong, diamkan lagi selama 1-2 jam agar kekenyalannya bertambah.
  • Selanjutnya jika sudah dipotong-potong, tirislah (buang) whey ini sebanyak-banyaknya sampai curd menjadi kesat.

Manfaat Keju Mozarella Dan Bagaimana Cara Bikinnya

  • Sisihkan 3 sendok makan whey sebagai campuran larutan pembeku mozza.
  • Siapkan baskom, isi dengan air dingin (ditambah es batu). Dan tambahkan 2 sdm garam dan 3 sdm whey, aduk hingga rata dan larut. Sisihkan dulu di tempat dingin (sebaiknya di kulkas).
  • Gunakan panci besar, isi dengan air hingga ½ penuh, rebus air hingga mendidih.
  • gunakan panci kecil, isi dengan air hingga hampir penuh, tumpangkan ke dalam panci besar. Bisa tunggu hingga air di panci kecil ini memanas hingga sekitar 75 Celcius. Untuk selalu jaga suhu ini agar tidak tambah panas (dengan cara api kompor dikecilkan)
  • letakkan saringan di atas panci kecil hingga bagian bawah saringan terrendam air. Kemudian taruh sebagian potongan curd (sekitar 250 gram ke dalam saringan, jangan terlalu penuh, dikira-kira saja agar curd bisa kita lipat-lipat dan tekan-tekan dengan mudah di permukaan saringan.
  • Dengan menggunakan spatula (sutil kayu), tekan-tekan dan lipat-lipat curd perlahan-lahan selama sekitar 10 menit.
  • Setelah 10 menitan, curd akan berubah teksturnya menjadi menyatu, lentur, dan mulur (elastic). Coba cek elastisitasnya dengan cara mencubitnya dan tarik ke atas. Apabila sudah bisa menjulur seperti gulali, mozarella sudah pasti jadi.
  • Sambil tetap berada di atas saringan terendam air panas. Sehingga bentuk mozarella menjadi bola (dengan cara “diuwel-uwel” dengan sutil), angkat keluar, dan langsung dicelupkan ke larutan pembeku.
  • Pergunanya pencelupan ini adalah agar mozarella menjadi kencang dan tetap berbentuk bola. Jika tidak dibekukan, mozarella akan “mbleber” ke samping dan susah di-handle.
  • Simpan mozarella dalam larutan pembeku selama 3 jam. Bila telah 3 jam, mozarella sudah siap dipakai buat topping pizza
  • Jika akan disimpan lebih lama, ambil bola mozarella, masukkan ke kantong plastik dan simpan di freezer.
  • Dalam penyimpanan di freezer dapat membuat mozarella bertahan hingga 1 bulan lebih. Apabila disimpan di rak di luar freezer, mozarella akan lebih cepat basi (bau apek), dan hanya bertahan sekitar 2 mingguan.

Intinya yaitu tahapan pembentukan Curd, dimana kalau curd terbentuk dengan baik (yakni kenyal, menggumpal, tidak nyemek) maka proses pembentukan keju berikutnya (apa pun jenisnya) bakalan gampang dan memiliki peluang berhasil yang lebih tinggi.

Demikianlah inforasi tentang Manfaat Keju Mozarella Dan Bagaimana Cara Bikinnya, harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat !

error: Content is protected !!