Manfaat Bunga Tapak Dara Alternatif Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ternyata manfaat bunga tapak dara bisa untuk alternatif ritual kecantikan dan solusi kesehatan yang belum banyak orang mengetahuinya. Kebanyakan orang hanya tahu sebagai pemanis di pekarangan dan pot saja.

Manfaat Bunga Tapak Dara

Mungkin jika kalian mendengar nama daun tapak dara dari sebagian besar anda masih asing/aneh mendengarnya.

Akan tapi jika anda melihat penampakan dari daun tapak dara ini pasti anda cukup familiar.

Karena daun tapak dara adalah daun dari salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai penghias rumah.

Dengan Bunga yang berwarna merah jambu begitu indah menjadikan magnet bagi mata yang memandang.

Dan nyatanya bukan hanya bunganya saja yang menarik namun daun yang bernama daun tapak dara ini juga cukup menarik terutama manfaat bagi kesehatan.

Mulai dari nenek moyang kita dahulu para ahli herbal sudah mengenal manfaat bunga tapak dara dan daunnya ini sebagai obat alternatif pengobatan berbagai masalah kesehatan yang sudah dirasakan manfaatnya.

Dimana manfaat bunga tapak dara yang memiliki nama latin Catharanthus Reseus L telah di buktikan memiliki berbagai kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh dan mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Kandungan yang ada di Bunga Dan Daun Tapak Dara

Mulai dari akar, hingga batang, daun serta bunganya memiliki kandungan berbagai zat kimia yang berkhasiat untuk pengobatan.

Di mana Kandungan senyawa aktif tapak dara sangat di pengaruhi oleh kondisi lingkungan, geografis, serta unsur hara di dalam tanah.

Dan hasilnya dari analisa fitokimia pada ekstrak daun tapak dara menunjukkan adanya kandungan tanin, triterpenoid, alkaloid (yaitu , vinblastin, vinkristin, vinceine), dan flavonoid.

Sehingan dengan senyawa aktif yang ada di dalamnya, tidak mengherankan apa bila tanaman ini memiliki berbagai manfaat obat.

Salah satu diantaranya sebagai penenang (sedatif), menghentikan perdarahan (hemostatis), menetralkan panas, dan mengobati diabetes.

Manfaat Bunga Tapak Dara Alternatif Untuk Kecantikan dan Kesehatan

  1. Diabetes Mellitus
  2. Hipertensi
  3. Leukimia
  4. Asma
  5. Bronkhitis
  6. Demam
  7. Radang Perut / Disentri
  8. Anemia (Kurang Darah)
  9. Tangan Gemetar (Parkinson)
  10. Gondok (Gondong)
  11. Batu Ginjal
  12. Bengkak / Bisul
  13. Luka / Borok
  14. Luka Bakar,
  15. Haid tidak teratur,
  16. Kanker Payudara,
  17. Kanker Rahim,
  18. dan Kanker lainnya

Demikianlah info dari manfaat bunga tapak dara, semua ini kalian bisa menyikapinya dan mempraktekan cara alternatif pengobatan dan perawatan kecantikan secara herbal dengan bijak.

Serta konsultasikan segala keluhan semua penyakit kepada ahlinya janganlah kita menerka dan meraba dari sudut pandang kita sendiri, semoga ini semua bisa bermanfaat.

baca : Kapur Sirih Adalah Gamping Apa Bedanya? Amankah Ditubuh

One thought on “Manfaat Bunga Tapak Dara Alternatif Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!