Foto Tentang Museum linggarjati

Foto Tentang Museum linggarjati

 

Foto Tentang Museum linggarjati – Berawal dari sebuah gubuk yang dibangun pada tahun 1918 dan menjadi tempat tinggal dari seorang ibu yang bernama Ibu Jasitem dan menjadi sebuah sejarah perundingan yangmenentukan nasib bangsa Indonesia.

Foto Tentang Museum linggarjati

Gedung terletak di sisi sebelah Timur Kuningan, Bangunan yang bergaya kolonial belanda sebelum menjadi Museum sempat mengalami beberapa fungsi dan kepemilikan. Pada masa kolonial sempat menjadi markas tentara, kemudian di ubah menjadi sebuah sekolah dan pernah juga menjadi sebuah hotel.

Foto Tentang Museum linggarjati       Foto Tentang Museum linggarjati        Foto Tentang Museum linggarjati

Gedung yang berlokasi di desa Linggarjadi, Kecamatan Cilimus pasca kemerdekaan Republik Indonesia digunakan sebagai tempat diadakannya perundingan Linggarjadi pada tahum 1946. Mengingat perannya yang sangat penting dalam terciptanya kemerdekaan Indonesia yang sepenuhnya. Gedung ini diresmikan menjadi museum tahun 1976.

Foto Tentang Museum linggarjati      Foto Tentang Museum linggarjati     Foto Tentang Museum linggarjati

Museum ini menjadi saksi bagaimana perjuangan diplomatik yang dilakukan oleh pendiri bangsa yang di ketuai oleh Bpk Suntan Syahrir, Soesanto, Tirtoprodjo, Mr Mohammad Roem, Dr.A.K. Gani, delegasi Indonesia ini berunding dengan para delegsi Belanda yaitu Prof. Mr Schrmerhorn, Dr.F.De Boer, Mr Van Poll, Dr Van Mook dan di plomat Inggris Lord Killearn sebagai mediator.

Foto Tentang Museum linggarjati      Foto Tentang Museum linggarjati       Foto Tentang Museum linggarjati

Sesuai sejarah tertulis perjanjian Linggarjati di adakan pada tanggal 10-12 November 1946, langkah ini di ambil dalam rangka cara pemerintah mengusir Belanda dengan jalur hukum. Dimana dalam perundingan tersebut menghasilkan antara lain :

  • Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatra, Jawa dan Madura Paling lambat Belanda harus meninggalkan de facto 1 Januari 1949.
  • Republik Indonesia dan Belanda harus bekerja sama dalam membentuk negara Republik Indonesia Serikat, yang salah satu bagiannya adalah negara Republik Indonesia terakhir, Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Indonesia Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.

Foto Tentang Museum linggarjati Foto Tentang Museum linggarjati Foto Tentang Museum linggarjati

Hasil perudingan ini menghasilkan naskah persetujuan Linggarjati atau lebih dikenal dengan perjanjian Linggarjati yang disepakati di Jakarta 15 November 1946.

Selain itu terdapat batu hitam dengan ukiran lima pilar masyarakat Undonesia di bangun di atas monumen. Kelima pilar itu tersebut antara lain petani, pemuka agama, wanita, tentara, dan pemuda saling berangkulan, Hal ini sebagai wujud kekuatan utama bangsa Indonesia yang teguh membela kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi.

 

 

baca juga :  Kominitas Belajar Internet Marketing SB1M Terheboh di Padang

One thought on “Foto Tentang Museum linggarjati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!