Bahaya Kertas Pembungkus Nasi Yang Sering Digunakan

Untuk masyarakat di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kertas pembungkus berwarna coklat. Tapi tahukah bahaya kertas pembungkus nasi yang sering kita gunakan sehari-hari.

Bahaya Kertas Pembungkus Nasi Yang Sering Digunakan

Apa Bahaya Kertas Pembungkus Nasi ?

Mulai untuk pembungkus gorengan, nasi padang, sate dan lainnya, kertas coklat yang berlapis plastik tipis ini menjadi alternatif pengganti daun pisang sebagai bungkus makanan.

Justru siapa sangka dibalik kepraktisan dan harga yang relatif murah ada bahaya kertas pembukus nasi yang dapat mengganggu kesehatan kita.

Alangkah bijaknya segera memindahkan makanan dari pembungkus kertas warna coklat ke piring.

Dari beberapa penelitian di temukan jika bahaya kertas pembungkus nasi mengandung BPA berbahaya bagi tubuh.

Apa Itu BPA ?

BPA atau Bisphenol A adalah bahan kimia yang berbahaya yang sering digunakan sebagai tempat bahan makanan bukan hanya plastik tetapi juga kertas.

Awalnya BPA digunakan untuk tempat kaleng supaya tidak mudah berkarat.

Berdasarkan Dr. Lisman Suryanegara dari LIPI menyebutkan jika telah ada penelitian yang dilakukan tentang kertas pembungkus nasi berwarna cokelat ini.

Ditemukan bahwa kertas tersebut ternyata terbuat dari bahan kertas daur ulang.

Sudah dipastikan bila bahaya kertas pembungkus ini memiliki komponen tinta dan bahan kimia berat lainnya seperti pemutih, perekat, lilin, atau bahkan logam berat.

Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 2 tahun, menghasilkan fakta jika kertas pembungkus nasi dari kertas daur ulang memiliki kandungan berbahaya seperti logam berat.

Berdasarkan dari, uji mikrobiologi yang berhasil di lakukan membuktikan bahwa terdapat 1,5 juta koloni bakteri berbahaya.

Pada kertas pembungkus nasi tersebut, ucap Dr. Lisman.

Di dalam bahaya kertas pembungkus nasi juga terdapat bahan kimia Bisphenol A.

Dimana untuk bertujuan untuk menahan suhu panas pada kertas pembungkus sehingga nasi yang kita beli bisa tetap hangat meski sudah kita bawa untuk beberapa waktu.

Pokok permasalahannya adalah, bahan kimia yang kerap ditemukan di tisu toilet, koran, hingga kertas struk belanja ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan gangguan reproduksi.

baca : Bagaimana Cara Membasmi Kutu Beras Secara Alami

Terlebih lagi untuk ibu hamil jika terpapar BPA memiliki resiko keguguran 3 kali lipat.

Demikianlah ulasan bahayanya kertas pembungkus nasi tersebut, semoga bermanfaat.

Shares
error: Content is protected !!