Autoimun Adalah Jenis Penyakit Serta Apa Saja Gejalanya

Autoimun adalah jenis penyakit apa? Serta bagaimana cara mengenali gejalanya. Secara umum penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri.

Autoimun Adalah Jenis Penyakit Serta Apa Saja Gejalanya

Sedangkan secara normal, sistem kekebalan tubuh bertugas untuk menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus.

Akan tetapi, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing.

Dan pada akhirnya sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Apa Penyebab Penyakit Autoimun ?

Autoimun adalah jenis penyakit yang belum diketahui apa penyebabnya, namun beberapa faktor di bawah ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit ini:

  1. Etnis–> Dari beberapa penyakit autoimun umumnya menyerang etnis tertentu. Seperti, diabetes tipe 1 umumnya menimpa orang Eropa, sedangkan lupus rentan terjadi pada orang Afrika-Amerika dan Amerika Latin.
  2. Gender–> Biasanya kaum wanita lebih rentan terserang penyakit autoimun dibanding pria. Karena penyakit ini dimulai pada masa kehamilan.
  3. Lingkungan–>  Pengarud dari paparan lingkungan, seperti cahaya matahari, bahan kimia, serta infeksi virus dan bakteri, bisa menyebabkan seseorang terserang penyakit autoimun dan memperparah keadaannya.
  4. Riwayat keluarga–> Umumnya penyakit autoimun juga menyerang anggota keluarga yang lain. Walaupun tidak selalu terserang penyakit autoimun yang sama, mereka rentan terkena penyakit autoimun yang lain.

Autoimun Adalah Jenis Penyakit Serta Apa Saja Gejalanya

Secara umum, gejala-gejala awal penyakit autoimun adalah:

  1. Kelelahan.
  2. Pegal otot.
  3. Ruam kulit.
  4. Demam ringan.
  5. Rambut rontok.
  6. Sulit berkonsentrasi.
  7. Kesemutan di tangan dan kaki.

Baik secara gejala penyakit autoimun dapat mengalami flare, yaitu timbulnya gejala secara tiba-tiba dengan derajat yang berat.

Autoimun adalah jenis penyakit yang bisa timbul karena dipicu oleh suatu hal, misalnya paparan sinar matahari atau stres.

baca juga : Selain Buat Arsik Ternyata Manfaat Daun Honje Bisa Untuk Asam Lambung

Autoimun adalah jenis penyakit yang dalam mendiagnosis sebenarnya tidaklah mudah sebab setiap penyakit autoimun memiliki ciri khas, namun gejala yang muncul bisa sama.

Biasanya tahap awal dari penanganan ini Dokter akan menjalankan beberapa tes untuk mengetahui apakah seseorang terserang penyakit autoimun.

Salah satu di antaranya dengan tes ANA (antinuclear antibody) dan tes untuk mengetahui peradangan yang mungkin ditimbulkan penyakit autoimun.

Barulah setelah itu dokter akan memberikan obat baik tablet atau insulin, penanganan langsung seperti apa yang sesuai dengan tipe penyakit autoimun yang diderita dan daftar pantangan yang harus dituruti oleh penderita.

Misalkan sebagai contoh, apabila penyakit autoimun yang terdeteksi adalah Diabetes tipe 1.

Maka pantangan yang diberikan adalah larangan mengkonsumsi makanan untuk penderita diabetes seperti makanan yang mengandung glukosa tinggi seperti nasi dan yang berbahan dasar tepung seperti mie atau pastry.

Demikianlah ulasan Autoimun Adalah Jenis Penyakit Serta Apa Saja Gejalanya, semoga membantu dan bermanfaat.

error: Content is protected !!